Selasa, 02 Agustus 2016

CERITA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Hai guys..

Mau pengen tahu tentang pendidikan bahasa dan sastra indonesia? yah gitulah tentang bahasa indonesia. Tapi selamat sih buat teman-teman yang masuk di jurusan bahasa dan sastra...jurusan buat anak-anak yang siap berjuang mengembangkan bahasa yang kita cintai ini agar gak punah ..eeaaa menggunakan bahasa gaul dikit gak papalah supaya gak canggung.

kita kembali ke topik pendidikan bahasa dan sastra indonesia bagi mahasiswa bahasa seperti saya adalah tempat yang paling keren untuk berekspresi tentang nulis ataupun cerita  tentang drama dan lainnya terutama tentang bahasa indonesia yahh..sebelumnya bagi teman-teman yang masuk di dunia pendidikan berarti nantang diri buat berada di tempat yang paling depan ..maksud saya di paling depan kelas samping meja ukuran satu kali satu meter ..begitulah calon guru pasti dah ngerti yahh..

Sebelumnya aku ingin berbagi nih ..banyak orang yang ngerasa masuk di prodi pendidikan bahasa dan sastra indonesia itu gak keren alias terlalu gampang...begitu pula aku. Berbekal pemikiran seperti itu bagi aku yang cuma narget menjadi guru memilih untuk mengambil jurusan pendidikan bahasa dan sastra indonesia .Gak mau ribet sebenarnya kan yang penting jadi guru di banding cari yang ada urusan dengan laboratoriumnya. Namun ternyata saat menjalani menjadi mahasiswa dengan prodi tersebut berbanding terbalik..yah benar kata siapa bahasa indonesia itu gampang? ..kata para dosen-dosenku kebalikannya dan memang terbukti ..tulisan yang harus sesuai kaidah, cara berbicara yang formal dan jago dalam hal bereksperesi contohnya drama membuat kepalaku juga dibuat pusing olehnya. Pemikiran bakalan santai malah berubah menjadi cewek yang paling rajin ketemuan ..maksudnya ketemuan ma layar segiempat bersama meja pendek untuk buat makalah dan tugas-tugas lainnya. Maju presentasi di depan dan pelajaran dari dosen mengenai dunia pendidikan membuatku sadar semua jurusan sama saja  sulit untuk kadar tertentu ..semuanya punya kesulitannya tersediri jalani saja dengan ikhlas tapi yang jelas deh kamu gak perlu takut bakalan galau bila masuk dalam prodi ini walaupun mungkin ini adalah pilihan ketiga di SBMPTN ataupun SNMPTN tenang aja prodi bahasa indonesia mengajarkan kamu berbakti kepada negara berbagi ilmu tentang melestarikan bahasa nenek moyang kita. Kita berjasa loh dalam melanjutkan cita-cita bangsa lihat deh saat ini banyak banget bahasa yang campur aduk dengan keinggris-inggrisan seperti aku sih sebenernya niatnya supaya bacaan ini gak garing ..hehe tapi yang parah maksud aku kalau kamu sudah umur berapa tapi berbicara formal bahasa indonesia dan masih kacau balau....huuummm apa kata negara lain..bahasa orang udah dipelajari sehari-hari dan bahasa kita saja masih kacau.
  
 Tahu gak sekarang bahasa indonesia sudah dipelajari di negara-negara tetangga misalnya Australia,korea dan masih banyak lagi...Kita bisa jadi guru disana...hayoo buat teman-teman yang mau jadi guru bahasa indonesia jangan pernah berhenti untuk belajar, tetap semangat ya  kita dapat menciptakan sesuatu yang akan tetap menjadi milik kita sendiri seperti sebuah puisi "Aku" akan tetap selamanya menjadi puisi ciptaan chairil anwar.


Selain itu teman-teman gak perlu risau di blog aku menyediakan referensi-referensi cara penulisan makalah dan tugas-tugas yang pernah diberikan oleh dosen jadi bisa dijadikan bahan untuk belajar lagi.Tapi ingat ya kita kedepannya akan menjadi guru jadi pelajari dengan sebaik-baiknya jangan sampai malah guru yang diajar oleh muridnya kan malu.


SEMOGA KITA BISA SUKSES BERSAMA DAN MENJADI GURU TELADAN KEDEPANNYA .AMIN
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar